Ingin terlihat awet muda? Untuk tetap tampil muda kita bisa terapkan tips-tips sederhana supaya kulit tetap terjaga kelembaban, kelembutan dan keremajaannya 🙂

Yuk kita coba praktekkan tips simpel berikut ini :

1. Perbanyak konsumsi  ikan laut, terutama ikan salmon.

Ikan salmon mengandung protein yang sangat baik untuk elastisitas kulit dan menghambat proses penuaan. Zat astaxanthin, anti radikal bebas yang terkandung di dalamnya mampu mencegah keriput. Bisa dikonsumsi setiap 5 hari sekali untuk menghindari penuaan dini. Alternatif lain adalah ikan sarden, makerel, tuna yang juga kaya akan asam lemak esensial omega 3 untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

2. Konsumsi ubi jalar

Ubi jalar mengandung betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan ph kulit. Memperlancar regenerasi kulit sehingga kulit jadi lembut.

3. Konsumsi tomat

Tomat sangat baik untuk peremajaan kulit. Zat lycopene yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kekenyalan kulit karena zat ini mengurangi efek buruk radiasi sinar ultraviolet.

4. Konsumsi jeruk citrus.

Mengandung kolagen alami yang bermanfaat untuk menjaga kulit dari sinar matahari berlebihan dan menghambat kematian sel-sel kulit. Komsumsi 2x sehari setelah makan.

5. Konsumsi buah kiwi

Mengandung vitamin C 2x lebih banyak daripada jeruk. Bermanfaat dalam meningkatkan sintesis kolagen sehingga membuat kulit awet muda.

6. Konsumsi sayuran hijau

Kandungan mineral dan zat besi yang tinggi di dalam sayuran hijau, bisa membuat kulit lebih segar. Juga mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk mempercepat peremajaan kulit. Contoh sayuran hijau : sawi hijau, brokoli, bayam, kangkung.

7. Konsumsi kacang almond

Merupakan sumber vitamin E terbaik dan antioksidan yang berfungsi sebagai anti radikal bebas untuk menjaga keremajaan kulit.

8. Konsumsi minuman coklat

Merupakan sumber flavanol yang tinggi, bermanfaat untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari, melembabkan dan melembutkan kulit sehingga kulit tetap terlihat muda.

9. Jauhi makanan berpengawet dan kurangi suplemen

10. Gunakan tabir surya

Sinar matahari merupakan penyebab keriput no.1. Oleh karena itu gunakan kosmetik yang mengandung tabir surya untuk mencegah keriput dan kanker kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF 15-35. Semakin tinggi nomor SPF, semakin tinggi tingkat proteksi terhadap sinar matahari.

11. Jangan merokok

Merokok melepaskan enzim yang merusak kolagen dan elastin (serat penguat kulit). Perokok memiliki kulit lebih tipis dan keriput lebih banyak.

12. Tidur yang cukup.

Tidur yang cukup 7-8 jam sehari dapat mencegah keriput dan memperlancar proses regenerasi kulit. Jika kita kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon kortisol secara berlebih yang berakibat perusakan pada kulit.

13. Banyak senyum, kurangi marah-marah 🙂

Kata orang kalo sering marah-marah maka kita akan cepat tua. Ternyata itu benar lho. Ketika marah-marah,tubuh kita mengeluarkan hormon adrenalin, kortisol, dan hormon lain yang sangat mempengaruhi penampilan kita. Pembuluh darah di wajah kita akan mengkerut sehingga timbul kerutan-kerutan yang tidak perlu dan wajahpun tampak kusam.

Beda dengan orang yang senang tersenyum. Coba deh perhatikan orang yang senang tersenyum lebih terlihat muda karena kulit lebih rileks sehingga tidak muncul kerutan-kerutan yang tidak perlu. Orang yang tersenyum mengeluarkan hormon endorphin dalam tubuhnya yang memberikan efek peremajaan pada kulit.

Oke, semoga bermanfaat dan segera terlihat muda 🙂 Mungkin ada yang mau menambahkan tips awet muda lainnya?

Tips Awet Muda
Tagged on:                             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!