7 Persiapan Memulai Bisnis Online di Rumah

Bagi ibu rumah tangga atau karyawan kantor yang ingin memiliki penghasilan tambahan biasanya memilih bisnis sebagai cara untuk menghasilkan uang. Di antara sekian banyak model bisnis,  bisnis online yang dikerjakan di rumah bisa menjadi pilihan karena waktunya yang fleksibel. Pebisnis online di rumah juga bisa memberi perhatian yang cukup pada keluarga. Meskipun demikian ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan agar kita lebih terarah dalam menjalankan bisnis online :

1. Buat daftar apa yang jadi impian atau tujuan dalam berbisnis online.

Jadikan dalam skala jangka pendek, menengah dan panjang. Misalnya, jangka pendek 2-6 bulan, jangka menengah 6 bulan-2 tahun, jangka panjang 2-5 tahun. Tiap orang punya impian dan tujuan hidup yang berbeda untuk jangka waktu pencapaiannya. Silahkan dibuat sesuai kebutuhan Anda.

2. Buat  rencana yang akan dilakukan untuk tercapainya tujuan tersebut.

Banyaklah membaca referensi untuk bisa dituangkan dalam bentuk rencana bisnis kita. Sebaiknya buat rencana dalam bentuk harian dengan urutan waktu yang terjadwal sehingga kita bisa memanfaatkan waktu lebih maksimal. Intinya kita membuat rencana kerja harian untuk bisnis kita. Buat juga anggaran yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana tersebut.

3. Disiplin, punya komitmen dan fokus dalam menjalankan rencana.

Ketika menjalankan rencana atau melakukan action kita harus siap dengan hambatan yang ada di depan kita. Jadikan hambatan ini sebagai tantangan untuk bisa kita lewati. Asalkan disiplin, punya komitmen dan fokus terhadap impian, kita pasti bisa melewati segala rintangan yang ada.

4. Siap kerja keras, sabar dan berani.

Mungkin ada sebagian dari kita yang belum pernah berbisnis sehingga ketika mulai terjun di dunia bisnis termasuk bisnis online kita beranggapan bisa mendapat hasil yang instan. Bahkan ada juga yang menganggap kita bisa mulai bisnis tanpa perencanaan atau target. Oleh karena itu dalam proses berbisnis sering kita temui ada yang kecewa di tengah jalan dan memilih mundur/berhenti. Dalam bisnis online, ada beberapa karakter dasar yang menjadi modal utama bagi pelakunya supaya bisa sukses. Pelaku bisnis yang sukses selalu siap bekerja keras, sabar, dan berani memanfaatkan peluang yang bisa menunjang pencapaian tujuan mereka.

5. Bangun jaringan relasi.

Perluas jaringan relasi dan bangun hubungan baik dengan mereka. Semakin luas jaringan, semakin luas pintu rejeki.

6. Selalu update informasi dari jaringan internet.

Informasi dari jaringan internet bisa tersaji dengan cepat dan mudah. Ikuti selalu perkembangan informasi di dalamnya agar kita juga bisa selalu update dengan kebutuhan pasar.

7. Jangan Cepat Menyerah.

Ketika menemui kegagalan dalam salah satu rencana yang sudah dibuat, kita jangan mudah menyerah atau putus asa. Kalau kita sudah memilih untuk fokus berbisnis, maka lakukan saja rencana kita dengan disiplin dan penuh komitmen. Pasti akan ada jalan keluar jika kita bersungguh-sungguh ingin sukses.

Ketujuh langkah persiapan teknis maupun mental di atas adalah tips sederhana bagi kita yang ingin bersiap menjalankan bisnis online di rumah. Kita bisa mulai menerapkannya agar bisnis kita lebih terarah dan memberikan hasil sesuai target. Selamat berbisnis. Semoga sukses 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *