idekerjadirumah.com

Peluang Kerja di Rumah

Tips Praktis Merawat Rambut buat Muslimah

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Bagi yang mengenakan jilbab tentu perlu perhatian sedikit ekstra terhadap mahkota ini. Soalnya kadang karena ditutupi jadi suka lupa kapan keramas terakhir..hehehe. Rambut juga sering dalam kondisi lembab, lepek, dan berminyak yang memicu munculnya kutu ataupun ketombe.

Namun jangan kuatir, ada beberapa tips praktis agar rambut tetap sehat dan kita tetap bisa berbusana secara syar’i. Tipsnya simpel dan mudah. Kita bisa melakukan perawatan ini di rumah dan menghemat biaya ke salon :)

Yuk kita langsung simak apa saja tipsnya :

1. Pilih shampo yang tepat.

Shampo yang cocok untuk wanita berjilbab adalah shampo untuk rambut berminyak atau untuk mencegah kerontokan.  Akan lebih baik jika menggunakan shampo berbahan alami secara teratur. Setelah keramas jangan langsung memakai jilbab. Keringkan rambut terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah rambut supaya tidak lepek dan lembab.

2. Sebaiknya kita memangkas rambut dengan model pendek sehingga lebih mudah ditata dan tidak perlu mengikat rambut.

Jika memang Anda berambut panjang dan harus mengikat rambut maka jangan terlalu kencang mengikatnya. Untuk aksesoris rambut gunakan jepit dari bahan karet atau plastik. Hindari menggunakan jepit dari bahan logam karena akan membuat rambut mudah patah.

3. Beri waktu rambut Anda untuk beristirahat dengan membiarkannya terurai saat tidak mengenakan jilbab.

4. Pilih jilbab dengan bahan katun atau kaos.

Tipe bahan seperti ini mudah untuk menyerap keringat dan melancarkan sirkulasi udara dalam jilbab Anda. Hindari penggunaan jilbab yang ketat atau kencang karena dapat menghambat rambut Anda dalam bernafas.

5. Gunakan sisir bergigi jarang.

Sisir bergigi jarang berfungsi untuk menghindari kerontokan dan bisa membantu kesuburan rambut Anda. Caranya, sisir dengan lembut sampai ke kulit kepala untuk menimbulkan efek pemijatan di kulit kepala.

6. Gunakan mayonaise untuk rambut lebih lembut dan bersinar

Fungsi mayonaise adalah sebagai kondisioner alami. Caranya, lapisi rambut dengan mayonaise dengan menggunakan sisir. Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dengan keramas.

7. Gunakan cuka sebagai tonik alami untuk rambut

Cuka bisa berfungsi sebagai tonik alami untuk menghilangkan kotoran di rambut. Caranya, oleskan 1 sendok teh cuka di kulit kepala sambil dipijat-pijat sebelum keramas. Untuk rambut berketombe bisa menggunakan cuka apel.

8. Gunakan masker rambut dengan bahan alami

Anda bisa menggunakan alpukat, kuning telur dan sedikit minyak zaitun untuk masker rambut. Pijat kulit kepala dengan campuran bahan tersebut dan diamkan selama 30 menit. Lalu cuci rambut dengan keramas seperti biasa.

9. Untuk rambut normal, gunakan telur untuk membuat rambut sehat dan berkilau

Kandungan protein dalam kuning telur sangat berkhasiat untuk menyehatkan rambut. Telur bisa mengontrol kelebihan minyak di kepala sekaligus melembabkan. Caranya, campur beberapa telur dalam sebuah wadah dan gunakan bahan tersebut untuk memijat kulit kepala secara perlahan. Diamkan sekitar 15 menit dan cuci rambut dengan keramas.

10. Untuk rambut kering, gunakan lidah buaya

Kandungan vitamin, mineral, dan asam amino dalam lidah buaya berguna untukmelembabkan dan menyegarkan kulit kepala. Lidah buaya juga bisa memberantas ketombe. Pijat kulit kepala dengan daging lidah buaya. Diamkan sekitar 30 menit lalu bersihkan dengan keramas.

11. Untuk rambut berminyak, gunakan tepung jagung/maizena

Tepung maizena dapat menyerap minyak di kepala. Caranya, taruh tepung dalam piring. Siapkan kuas blush on besar (yang bersih ya). Belah rambut Anda di sisi tengah dan sapukan tepung di kulit kepala dari atas ke bawah. Lanjutkan menyapukan tepung di sisi lainnya sampai merata. Diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan rambut Anda dengan menggunakan kuas blush on atau sikat rambut.

Praktis kan? Selamat mencoba :) Atau ada tips lain? Silahkan sharing disini :)

 

Referensi : dari berbagai sumber

Category: Tips Kecantikan
  • bookoopedia.com says:

    With havin so much content and articles do you ever run into any problems of plagorism or copyright violation?
    My website has a lot of unique content I’ve
    either authored myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my
    agreement. Do you know any ways to help reduce content from being
    stolen? I’d definitely appreciate it.

    March 5, 2014 at 8:45 pm
    • kerja di rumah says:

      Hi, if you have wordpress blog you can use WP-CopyProtect plugin :)

      March 8, 2014 at 11:36 am

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*