idekerjadirumah.com

Peluang Kerja di Rumah

Pengertian Multi Level Marketing

MLM atau Multi Level Marketing adalah sistem dimana sekelompok orang dalam beberapa level (multi level) melakukan pemasaran produk kepada customer. Sekelompok orang yang biasa disebut distributor atau member ini bersifat independen (tidak terikat kontrak dengan perusahaan MLM).

Dalam sistem MLM, member mendapat penghasilan dari penjualan produk secara personal maupun grup (jaringan).

Ilustrasinya sebagai berikut :

A adalah member perusahaan MLM Mutiara. A melakukan penjualan produk dan mendapat komisi dari produk yang terjual. A juga mengenalkan produk dan peluang bisnis perusahaan MLM Mutiara kepada temannya (sebut saja B). B kemudian bergabung sebagai member dan melakukan penjualan produk. Disini A juga mendapat tambahan penghasilan berupa bonus karena penjualan yang dihasilkan B. Perhatikan bahwa bonus yang didapat A bukan dari merekrut B melainkan dari penjualan yang dihasilkan B. Jika A hanya merekrut dan B tidak melakukan penjualan maka A tidak akan mendapat bonus.

Perusahaan MLM memberikan bonus atas penjualan yang dilakukan secara personal maupun grup (jaringan). Oleh karena itu member dalam perusahaan MLM tidak hanya berusaha mengembangkan jaringan. Dia juga berusaha membimbing jaringannya untuk melakukan penjualan.

Besar kecilnya usaha yang dilakukan member dalam meraih nilai penjualan baik secara personal maupun grup (bersama dengan downline) akan menentukan besar kecilnya bonus atau komisi yang didapat.

Kalau kita perhatikan, di perusahaan MLM member tidak hanya berfungsi sebagai sales representative. Lebih dari itu dia berpotensi untuk menjadi leader dengan membimbing downline-downline di bawahnya agar sukses mengembangkan tenaga penjual dan penjualan lebih besar.

Dalam sistem MLM sebenarnya kita mengembangkan jalur pemasaran dan penjualan produk dengan mengembangkan jaringan tenaga penjual (sales representative).

Ketika seseorang bergabung dalam perusahaan MLM, dia bisa memilih level apa yang ingin dicapai. Level akan mewakili berapa target penghasilan yang diinginkan. Setiap perusahaan memiliki skema perhitungan bonus atau reward yang berbeda dengan perusahaan lainnya.

Dalam perjalanannya, sistem MLM ini juga mendapat hambatan dengan berkembangnya stigma negatif dari masyarakat. Hal ini dikarenakan maraknya praktek penipuan dengan cara kerja menyerupai MLM (bisnis berkedok MLM).

Bisnis berkedok MLM adalah bisnis yang menjalankan usahanya dengan skema piramida dan money game. Mereka menawarkan skema cepat kaya yaitu hanya melakukan sedikit usaha namun bisa mendapat keuntungan melimpah.

Bagaimana membedakan MLM legal (murni) dengan skema piramida dan money game? Silahkan simak di posting selanjutnya “Beda MLM Legal, Skema Piramida, dan Money Game”

Tapi sebelumnya jangan lupa kasih komentar Anda untuk posting ini ya :)

 

Incoming search terms:

  • pengertian mlm
  • pengertian multi level marketing
  • contoh multi level marketing
  • definisi mlm
  • contoh MLM
  • definisi multi level marketing
  • Pengertian bisnis MLM
  • arti kerja mlm
  • arti mlm
  • pengertian kerja mlm
  • bedjoutomo says:

    informasi ini amatlah penting bagi siapa saja yang ingin aktif di dalam bisnis mlm.bagus terima kasih informasinya

    December 1, 2013 at 11:19 am
    • kerja di rumah says:

      Sama-sama, mas Bedjo. Semoga bermanfaat. Terima kasih kunjungannya :)

      December 3, 2013 at 12:22 pm
  • Gunawan says:

    Makasih pencerahannya, yang namanya bisnis apapun bentuknya sudah selayaknya klo jualan, krn tanpa penjualan perusahaan manapun pasti akan bangkrut.

    January 21, 2014 at 9:48 am
    • kerja di rumah says:

      Sama-sama, pak Gunawan. Maaf baru respon. Iya di MLM pun sebenarnya perekrutan itu untuk menambah tenaga penjualan dan meningkatkan omset :)

      February 12, 2014 at 1:48 pm

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*