Tips Sukses Simpel : Hindari Pikiran Negatif

Sukses adalah capaian yang ingin diraih setiap orang. Kata sukses yang melekat pada diri seseorang bisa menimbulkan citra tersendiri. Memang jika kita sukses maka kita bisa mendapat poin keunggulan dibanding orang lain. Citra atau image-pun terdongkrak dengan sendirinya. Cuma kembali pada tiap orang apakah ingin sukses sekedar ingin terkenal atau sukses agar bisa memberi manfaat bagi sesama.

Lalu apa ada tips yang simpel agar kita bisa sukses? Dalam artikel ini saya akan menyoroti satu pola pikir yang menurut saya sangat menentukan apakah kita bisa sukses atau tidak. Yup! Pikiran negatif.

Kalau kita dulu jaman sekolah SMA dihadapkan pada salah satu ujian pelajaran yang tidak kita sukai, biasanya kita akan cenderung pesimis dan tidak yakin bakal dapat nilai bagus.

Akhirnya, nilai yang keluar benar-benar tidak bagus. Coba kita telusur ya.

Misalnya, si A tidak suka pelajaran Matematika. Ketika lihat jadwal ujian Matematika dia sudah merasa down dan yakin tidak akan bisa mengikuti ujian dengan baik dan pasti dapat nilai jelek.

Sebelum ujian, pikirannya selalu diliputi pikiran negatif. Mencoba belajarpun jadi tidak bisa konsentrasi karena sudah sibuk dengan pikiran dan bayangannya sendiri. Entah berpikiran bahan yang dipelajari sangat sulit dan tidak mungkin bisa dipahami atau sampai pada pikiran bahwa soal yang bakal keluar dalam ujian pasti tidak bisa dia kerjakan.

Memang terkesan ekstrim, tapi kenyataan ini dijumpai di sekitar kita.

Kalau sudah begini, otomatis dia sudah tidak bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti ujian.

Alhasil ketika ujianpun dia tidak bisa mengerjakan soal dengan baik dan tentu saja berakibat buruk pada hasil ujian. Jadi sebenarnya dia sudah “mempersiapkan diri” untuk menerima hasil buruk sebelum ujian dimulai. Kecenderungan pola pikir seperti ini benar-benar akan membawa kita pada hasil sesuai yang kita pikirkan.

Lalu bagaimana caranya supaya kita tidak dipengaruhi pikiran negatif dalam langkah kita menuju sukses?

Sebelumnya, kita perlu memantapkan dulu niat kita. Apa kita benar-benar berniat untuk sukses? Ini penting agar kita tidak terhenti di tengah jalan dan proses menuju sukses tersebut dapat kita lalui dengan konsisten.

Jangan lupa niat ini juga harus niat yang baik. Jadi kesuksesan kita itu bakal memberi kontribusi buat kebaikan. Misal dengan sukses kita bisa berbagi rejeki lebih banyak dengan sesama.

Niat yang baik akan menjaga pikiran kita untuk selalu positif. Kita akan selalu optimis untuk meraih kesuksesan karena selalu didorong oleh niat untuk berbagi dengan sesama. Kita akan selalu optimis karena hati kita selalu tersentuh untuk berbuat sesuatu yang bisa membahagiakan mereka.

Perhatikan proses kita dalam menjemput kesuksesan disini dengan sendirinya sudah dipengaruhi pikiran positif karena niat yang baik sudah merajai pikiran kita. Jadi disini kita sudah punya modal niat dan proses yang baik dan disupport penuh oleh pikiran positif kita.

Bisa ditebak apa yang terjadi jika pikiran positif ini selalu mempengaruhi setiap langkah kita. Kita tidak akan kenal menyerah. Setiap sandungan akan jadi pelajaran untuk menjadi lebih baik dan tidak terjatuh dalam kesalahan yang sama.

Oleh karena itu pantaslah jika kemudian kesuksesan itu adalah hak kita. Kesuksesan tidak tertolak oleh orang yang selalu berpikiran positif dalam setiap langkah mulai dari niat, proses, sampai hasil akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *